Nggak nyangka ih....

2.2.14 - Posted by Intan Anggraeni at 5:25 PM
Tau kenapa gue bilang judulnya nggak nyangka? Berawal dari beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Juni 2013. Itu di kampus ada yang namanya Penulisan Ilmiah. Buat mahasiswa gundar di semester enam itu wajib bikin PI (Penulisan Ilmiah). Ini PI setara kayak skripsi gitu, cuma ini ada sertifkatnya bagi yang mengikuti program S1.

Oke, bulan April, nama Dosen Pembimbing buat gue udah nongol di selembar kertas. Namanya Bu Murniyati, biasa dipanggil Bu Murni. Ini dosen cantik, baik, lembut, nan ramah, keibuan pula. Duhh.. beruntung banget punya dospem begini..hehe... satu kelas dibagi dua dospem, sebagian mahasiswa dibimbing bukan sama Bu Murni, tapi sama dosen yang lainnya.. (Oke Skip)..

April, Mei, Juni sampe gue ultah (2 juni) pun belom ada progress sama sekali sama aplikasi yang gue buat.. Tadinya niat kerja bareng sama temen buat aplikasi ini, alhasil kerja pun keteteran, wassalam ya gue terpaksa resign demi si PI ini. Sama temen sekelas, tadinya mau dibantuin ngerjain. Dan gue juga udah siap sama icon, background, template dll... cumaaaaaaaaaaaaaa....................

*Gue NGGAK BISA NGODING*
----->> 80% down

Saking frustasinya, ini icon aplikasi sampe gue buat 9 icon (merah, pink, ungu, biru, cokelat, orange, hijau, kuning, abu-abu)
Gue udah rancang mateng-mateng nih icon, jadi tinggal pilih aja... tapi....................

Gue bermaksud untuk bikin Aplikasi Nama Bayi, yang gunanya tuh kalo orang bikin bayi dan kelimpungan cari nama, bisa diliat di aplikasi ini.. Yacuma gitu, gue nya oon banget, nggak ngerti ngoding sama sekali, 3 taun kuliah beneran nggak ngerti sama bahasa2 alien yang digunain sama komputer. Divisi kerja di kantor pun bukan divisi IT, tapi bagian marketing dan advertising. Kebayang kan gimana bingung dan kompleksnya buat munculin nih ide yang jalan...

Tadinya minta temen kelasan buat bantuin, sampe pulang larut malem jam 12 hampir tiap hari rutinitas itu berlangsung. Yamama, maafkan anakmu ini yg nggak pernah belajar soal kodingan..hikss.. Temen pada sibuk sama aplikasi masing-masing.. Oke ngerti kok gue *Ngerti sambil mewek*

Usaha, udah, tapi mungkin kurang berdoa, yawes lah, kini saatnya berdoa, diberikan petunjuk dan ada jalan.Setelah berdoa, ini dia roda kemakmuran gue ....

Hari ke-1 .................. is loading......

Hari ke-2 .................. is loading......

Hari ke-3 .................. is loading......

Hari ke-4 .................. is loading......

Hari ke-5 .................. is loading......

Hari ke-6 .................. is loading......

Hari ke tujuh alhasil ngetwit di twitter saking bingungnya "Ini kok aplikasi nggak jalan-jalan sih"

Cek twitter, belom ada yang mau nolongin gue, yasudah, buka facebook sajalah.... Dan 15 menit kemudian cek ada yang mention dan bilang "Lo, bikin apa tan?" (Pikiran gue mungkin itu cuma sekedar nanya atau basa-basi) *iyasih* Dan berlangsung lah di mention kalo gue lagi butuh bantuan, karena deadline sebentar lagi..... *Semoga ada keajaiban*

Dan Ternyata....

Keajaiban itu beneran datang, pada malem itu juga, orang yg tadi mention gue itu We Chat gue dan minta code script aplikasi gue, terus ya gue kirim aja ke emailnya, semoga ada jalan.. Amiinnn..

1 Jam kemudian setelah di oprek, ternyata memang beda bahasa pemrograman, dan banyak yang error.. Sudahi pasrah memang terhadap aplikasi ini *tertidur*

Paginya...

Ada We chat dari orang yang sama, dan..................... "Lo ketemu gue deh di kampus, lo jelasin mau bikin nya kayak gimana, ribet kalo via email".. Ouwwhhhh... oke demi aplikasi, gue rela cabut ngantor demi aplikasi gue tercincah ini.. :*

Oia perlu gue jabarin, kalo orang yang nge-we chat gue ini adalah temen SMA gue. Pernah sekelas sama gue kelas 3, duduknya beda 2 bangku dari bangku gue... Ini orang gue tau kalo ada skill tentang IT gitu dech... (Seinget gue pernah ikutan olympiade IT sama mau dimasukkin beasiswa Telkom gitu dari guru BP di SMA... *dulu)...

------------- Nyokap sih selalu doain gue selama PI ini, "Ya allah, semoga aja intan dapet kemudahan dan dilancarkan PI-nya, dan segera ditemui oleh jodohnya" Oww buntut kata yang terakhir kok??????? Aduh ya ma... &^$#@(*!&*^%$#$%^$@)(&^%$%&@!$#!+=-?>%&^$@ *efek mikir* ------------

Oke, ini langkah awal, atau pertemuan atau apa yaa...Tapi yang jelas, semoga PI gue kelar...
Pertemuan di Gazebo kampus E antara gedung 1 dan 2.. Niatnya sih sekalian daftar ulang ke kampus, temen gue ini juga mau daftar ulang, tapi ya kita ini temen lama, dan selama 3 taun di kampus nggak pernah ketemu nih orang, (Beda jurusannya).

Usut ketemu usut, becanda, ngasih info, lawakan serta pertanyaan, hampir 2 jam gue sama temen gue ini duduk sambil ngobrol dan akhirnya ketemulah titik jumpa pada aplikasi gue, dan idenya yang sangat brilliant dan syok adalah "Bikin Konsep dari Awal" Specchhlessssss abiiiiiisssss.... Berasa mulai dari nol lagi (Kayak pom bensin)....

Oke, ide dari temen gue ini boleh juga, bisa dibilang ya gue bikin konsep dari ulang, dan dia tinggal ngoding aja... Puter otak akhirnya bikinlah sebuah Aplikasi Pengenalan Negara Jepang untuk Pemula.... Dan nggak kerasa waktu udah maghrib, gue harus cus ke kampus D buat kuliah (maklum gue kuliahnya malem), dan dia juga harus pulang...

Sesampai gue di kampus D, mikir lah untuk membuat desain ala ala potosop gue buat bikin background dll.. Bersyukur waktu itu dosennya nggak dateng, yasudah gue pulang kerumah dan buka laptop buat desain.... Dari hari itu hingga lusa, gue asyik begadang buat desain semuanya, karena gue beneran pengen jadi nih aplikasi... dan temen gue yang bantuin gue itu juga ikut begadang, kita ngerjain dirumah masing-masing dan komunikasi via chat...

*Siap Publish Kalo Gue Ganti Judul FIX*
(sabodo teuing lah dikira telat dan mulai dari awal lagi)

Lima hari sudah gue beraniin buat ngadep ke Dospem gue si Bu Murni, ternyata aplikasi gue diterima, dan kesalahan ada pada Penulisan, untuk tambahan isi di aplikasi cuma suara....

Suara apa ya yang bagus???? Toeng...toeng.....

Temen gue punya ide, kenapa ga suara sendiri aja direkam.. Okelah gue rekam suara gue sendiri ala cewek-cewek jepang centil "Ohayou Gozaimasu"..... ada sekitar 29 suara yang gue harus convert ke mp3 dan masuk ke aplikasi android gue..

Selama seminggu berturut turut gue ke kampus setiap hari demi ngejar ACC dari dospem... demi juga dapet sidang sebelum lebaran, karena gue males abis lebaran sidang, niat mau berleha-leha pas liburan... gue desekin tuh dospem, dia belom dateng ke ruangan, gue tungguin di bawah, dia makan siang, gue tungguin sampe selesai, pokoknya tiap hari harus ketemu dia, dan kalo ada revisi, ya buru-buru deh gue kerjain di kampus hari itu juga...

Yeah, bener kan, usaha gue nggak sia-sia... setelah gue dapetin lembar ACC, buru-buru gue daftar di loket sidang, yappppssss,, finally gue dapet tanggal 24 Juli 2013.... Aggghhhh....welcome holiday, thanks to mommy, thanks to my best friend..... Pengen loncat loncatan atau terjun naik flying fox juga mau deh....

Nah, dari situlah gue belajar ngoding, belajar tau dimana yang salah, gimana caranya ngadepin script yang error.. Ah ............. Finally.............. 
Tampilan Depan
Menu Halaman Percakapan

Halaman Menu Budaya
Halaman Suara

Halaman Menu Huruf
Halaman Tabel Hiragana

Halaman Resep Makanan




Ini template gue bikin pure dari awal, mulai dari pemilihan warna background, list view, backsound, button, image, icon, bahkan sampe huruf hiragana dan katakana-nya pun gue ketik sendiri dari keyboard JPN yang waktu itu udah terinstall di lappy gue.. Ahhh~~ selama 4 hari bikin desain begini tuh ide nya muncul secara terus menerus, nggak pernah ada kata "nggak bisa"..

Thanks to Benny ---- orang yang bantuin gue saat itu (waktu kita masih temenan)
Sekarang????????????? :p